Kamis, 29 November 2018

Inilah 5 Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem Yang Harus Anda Ketahui-Otojoky


Perlu Anda Ketahui....!!! Penyebab Yang Menjadikan Pengereman Mobil Anda Kurang Maksimal


Rem sangat berperang penting untuk mengurangi atau memperlambat serta menghentikan laju mobil pada saat ingin berhenti atau mengerem dalam keadaan mendadak. Agar kinerja rem selalu optimal, setidaknya kita perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab atau problem yang bisa membuat kinerja rem menjadi kurang maksimal 

Ada banyak Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem yang perlu kita ketahui, pada umumnya rem mobil tidak pakem disebabkan karena ada beberapa komponen pada sistem pengereman yang mengalami penurunan kinerja. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sistem pengereman pada mobil ini terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan sehingga mampu memberikan pengereman yang pakem dan handal. Jadi jika salah satu komponen kinerjanya berkurang maka untuk pengeremannya pun tidak optimal.


penyebab rem mobil anda kurang pakem atau kurang maksimal:
  • Kanvas Rem Yang Sudah Tipis
  • Booster Rem Mengalami Kerusakan
  • Master Hidrolik Bagian Atas Bocor atau Rusak 
  • Master Hidrolik Bagian Bawah Macet
  • Selang Minyak Rem dan Fleksibel Mampet


Kanvas Rem Yang Sudah Tipis

Gmbr.Kanvas Yang Sudah Sangat Tipis

 Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem yaitu kanvas rem sudah tipis dan kanvas rem yang basah juga bisa membuat rem mobil tidak pakem. Jika kanvas rem sudah tipis maka kinerja sistem pengereman akan berkurang sehingga rem mobil kurang pakem. 
Untuk bagian ini masih kuat kaitannya dengan master rem bocor, ketika kondisi kanvas rem basah maka rem tidak akan pakem dikarnakan terkena kebocoran dari master rem sehingga menyebabkan licin dan jika komponen ini tipis maka sistem pengereman tidak akan beroperasi dengan maksimal alias tidak pakem.



Booster Rem Mengalami Kerusakan 

Gmbr.Booster Rem




Untuk kerusakan pada komponen ini akan mengakibatkan pedal rem pada saat di injak terasa keras, yang penyebabnya pun mungkin saja karena minyak rem masuk ketika master atas mengalami kebocoran, selang vacum servo bocor atau bisa karena sil servo bocor. Untuk tanda-tanda sil dan selang vacum servo bocor, maka akan keluar bunyi desis udara ketika pedal rem di injak atau pada saat mesin pertama kali dinyalakan.

Master Hidrolik Bagian Atas Bocor atau Rusak 

Gmbr.Master Hidrolik Atas

Selain selang minyak rem mampet dan booster rem yang rusak, Pemicu lainnya Rem Mobil Tidak Pakem yaitu master hidrolik bocor atau rusak.Rusaknya master hidrolik ini sering disebabkan oleh sil master yang mulai aus atau bocor. Untuk mendeteksi sil aus, kita cukup melihat pada permukaan tabung rem pada saat di injak. Jika minyak rem tidak turun dan malah kembali ke atas berarti memang sil sudah aus dan perlu diganti.




Master Hidrolik Bagian Bawah Macet

Gmbr.Master Hidrolik Bawah

 Selain hidrolik bagian atas yang bocor, Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem yang selanjutnya yaitu master hidrolik bagian bawah yang macet. Jika master rem macet maka akan menyebabkan piston rem yang kurang bekerja secara maksimal untuk mendorong kanvas rem, jika kondisi tersebut maka rem mobil pun tidak akan pakem. Salah satu ciri master hidrolik yang macet yaitu pedal rem keras pada saat di injak.


Selang Minyak Rem dan Fleksibel Mampet

Gmbr.selang Minyak rem

Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem yang terakhir yaitu selang minyak rem dan fleksibel yang mampet. Hal ini dikarenakan pada waktu niple membuang minyak rem terbuka maka minyak rem tidak bisa keluar yang disebabkan selang tersebut mampet. 
Bila kedua selang pada sistem pengereman tersumbat, akibatnya bisa saja mengakibatkan rem tidak pakem atau bisa blong. 


 "Selain itu, bisa disebabkan oleh penggunaan kampas rem dengan kualitas rendah dan yang terlalu banyak kandungan metal. Situasi itu berbahaya untuk cakram atau piringan rem. Pasalnya cakram menjadi lebih cepat terkikis dan bisa bergelombang," tambah Toha. Agar rem tidak pakem atau blong, Anda disarankan untuk rutin memeriksa kondisi minyak rem. Jika volume berkurang, mungkin karena kampas rem mulai menipis atau terjadi kebocoran cairan di sistem rem. "Sebaiknya Anda memeriksa kondisi di sekitar tabung minyak rem dan master rem jika berhadapan dengan masalah tersebut. Buka penutup tabung minyak rem lalu lihat volume dan kondisinya," tutup Toha. Tanda-tanda master rem mulai bermasalah/rusak yakni ketika minyak rem di tabung master rem sering menyusut. Selain itu tanda-tanda terlihat saat pedal rem semakin dalam ketika diinjak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Cara Mengatasi Karburator Brebet di Rpm Tinggi ataupun Rpm Rendah

Kenali !!! 3 Tanda Untuk Melakukan Penyetelan Karburator dan 6 Cara Mengatasinya Masalah karburator brebet-brebet ini umum biasanya ser...