Kamis, 29 November 2018

Katahui 8 Penyebab Motor anda Mati Secara Mendadak

Motor mati mendadak atau istilahnya mogok bisa membuat diri kita galau. Betapa tidak, disaat kita sedang enak-enaknya jalan tiba-tiba mesin mati dan parahnya mesin tidak bisa lagi dihidupkan. Kira-kira apa yang akan anda lakukan ? Motor mogok bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yang paling seriing menjadi faktor penyebabnya adalah busi. Tapi, hal yang menyebabkan motor anda mati mendadak bukan karena busi saja, ada banyak komponen lain yang berpengaruh.

Inilah yang menjadi faktor penyebab motor anda mati secara mendadak atau mogok


  1. Mesin Terlalu Panas atau Overheat
  2. Sistem pengapian bermasalah
  3. Setelan Klep Tidak Tepat 
  4. Penggunaan Bahan Bakar Beroktan Rendah
  5. Mampetnya Pilot jet motor
  6. Filter Udara Yang Kotor
  7. Tersumbatnya Ventilasi di tanki bensin
  8. Bensin Habis 



1. Mesin Terlalu Panas atau Overheat
Penyebab overheat pada motor adalah perputaran oli di dalam mesin terhambat. Ring piston menjadi kering sehingga motor akan mogok atau mati mendadak. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang diakibatkan antara piston dan liner boring. Panas tidak sanggup meredam dengan pelumas menjadikan suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet padaliner boring.

2.Sistem pengapian bermasalah
 Beberapa komponen yang yang termasuk ke dalam sistem perapian sepeda motor adalah busi, sumber daya yang terdiri dari spul dan kiprok, CDI dan ignition coil. Rusaknya sumber daya seperti spul dan kiprok merupakan beberapa penyebab aki tidak mengisi dan salah satu penyebab aki tekor. Apabila terjadi masalah dari sistem pembakaran komplek tersebut, maka motor bisa mati secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan busi tidak bisa mengeluarkan api. Permasalahan ini sudah memasuki level kerusakan yang komplek. Pertama-tama lepaskan kabel busi dari cop busi. Hal ini bertujuan untuk mengamati dulu komponen-komponen yang masuk ke dalam rangkaian pembakaran untuk menghidupkan mesin sepeda motor. Permasalahan pada sistem pembakaran ini terjadi ketika anda mengengkol motor untuk menghidupkannya, kabel busi yang didekatkan ke komponen mesin berbahan logam tidak mengeluarkan percikan api. Karena, sistem pembakarana tidak mengalami permasalahan jika langkah tersebut dilakukan ada percikan mesin dari kabel busi tersebut. Api yang tidak keluar menunjukkan bahwa ada aliran kabel atau lainnya yang berhubungan dengan sistem pembakaran sepeda motor yang terputus. Demikianlah beberapa penyebab sepeda motor mendadak mati di jalan. Untuk menghindari permasalahan rutin yang sering terjadi di jalan, anda perlu mengetahui tips aman berkendara di medan ekstrim serta cara tips menjaga kebersihan onderdil bawah motor saat musim hujan agar mesin kendaraan anda tetap aman.

3. Setelan Klep Tidak Tepat 
Penyebab motor mendadak mati bisa diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat. Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselarasi terlampau kurang. Kerenggangan klep ini sangat penting, maka dari itu setiap motor diberikan rentang ukuran yang sudah di standarkan sesuai spesifikasi mesin.

4. Penggunaan Bahan Bakar Beroktan Rendah
 Pemilihan jenis bahan bakar berpengaruh besar pada proses pembakaran setiap motor. Pemakaian oktan yang rendah akan menimbulkan jumlah timbal yang lepas menyumbat klep sehingga motor mendadak mati. Seperti premium yang memiliki harga yang murah padahal kadar oktannya 88 yang termasuk kategori oktan rendah.

5.  Mampetnya Pilot jet motor
 Saluran pilot jet dengan diameter kira-kira 2-3 mm ini berguna untuk mengalirkan bensin ke dalam intake manifold. Bensin yang dialirkan ini berasal dari dalam pelampung. Diameter yang sangat kecil ini mengakibatkan bensin tidak bisa lagi melewati saluran ini. Karena tidak mengalirnya bensin menuju intake manifold maka tidak bisa menghasilkan proses pembakaran untuk menghidupkan mesin sepeda motor. Sumbatan ini bisa disebabkan oleh kotoran-kotoran yang berada di dalam bensin. Oleh karena itu, perlu dipastikan bahan bakar yang digunakan sudah bersih sehingga tidak akan menyebabkan sumbatan di pilot jet sepeda motor ini. Selain bahan bakar motor yang kotor, pilot jet juga bisa tersumbat dikarenakan oleh jarum skep. Selain dari faktor bahan bakar, jarum skep juga mempengaruhi diameter pilot jet. Bagi yang belum familiar, jarum skep adalah sebuah jarum berbentuk tirus yang letaknya di ujung saluran bensin. Fungsi dari jarum ini adalah membuat pilot jet membesar untuk mengeluarkan bensin dengan volume yang lebih banyak. Jarum skep ini juga rentan di tempeli oleh debu yang berhasil melewati karburator. Jarum yang basah terkena bensin yang akan melewati pilot jet sangat rawan di tempeli debu. Hal inilah yang menyebabkan tersumbatnya pilot jet sepeda motor yang sangat kecil ini

6..Filter Udara Yang Kotor 
Fungsi filter udara adalah untuk menyaring supaya udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak larut dengan partikel partikel atau kotoran dan debu supaya campuran udara dan BBM lebih sempurna. Ketika kondisi filter udara kotor maka akan menyebabkan pada tarikan gas motor jadi berat dan motor akan mendadak mati atau mogok. Filter udara berubah menjadi kotor dapat disebabkan karena usia penggunaan yang sudah lama.
7.Tersumbatnya Ventilasi di tanki bensin
Meskipun tanki bahan bakar rapat, akan tetapi pada tutup tanki bensin terdapat ruang ventilasi untuk tetap bisa mengalirkan bensin dari dalam ke luar untuk tetap bisa melakukan proses pembakaran agar sepeda motor bisa berjalan. Apabila tanki bensin benar-benar tertutup rapat, maka hukum gaya kevakuman akan terjadi. Benda cair dalam ruangan tanpa udara tidak akan bisa bergerak. Hal inilah yang terjadi jika ventilasi tanki bensin tersumbat, sehingga bensin tidak bisa dialirkan ke karburator dan menghasilkan pembakaran. ads Ventilasi tanki bensin memiliki fungsi untuk menyamakan tekanan bagian dalam dengan bagian luar tanki bahan bakar. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya vakum. Beberapa hal yang mengakibatkan ventilasi tersumbat adalah seperti debu yang menempel pada ventilasi dan bisa juga disebabkan oleh uap air yang mengendap di saluran ventilasi tanki bensin. Ketika sudah memastikan persediaan bahan bakar masih ada, kran bensin sudah di buka dan motor masih belum bisa dihidupkan, maka anda perlu meniupkan penutup bensin untuk membersihkan ventilasi tanki bensin dari debu ataupun uap air.

8. Bensin Habis
Masalah yang terakhi terjadi karena kecerobohan pengguna setia sepeda motor adalah habisnya bensin karena lupa mengisi bahan bakar. Apabila tiba-tiba motor anda mati, coba di cek bahan bakar yang tersedia di tanki motor. Apabila tiba-tiba rusak, maka anda bisa memeriksa tanki bahan bakar terlebih dahulu. Untuk memastikan sepeda motor mati dikarenakan kehabisan bensin, kenali gejalanya. Menjelang bensin benar-benar kering dari tanki, tarikan gas motor mulai terasa berat dan motor berjalan dengan brebet-brebet karena mesin yang sudah tidak kuat lagi hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Cara Mengatasi Karburator Brebet di Rpm Tinggi ataupun Rpm Rendah

Kenali !!! 3 Tanda Untuk Melakukan Penyetelan Karburator dan 6 Cara Mengatasinya Masalah karburator brebet-brebet ini umum biasanya ser...