1. Busi Motor Bermasalah
ntik api yang digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar mesin. Sehingga, bagus tidaknya proses pembakaran, sangat ditentukan oleh kualitas pantikan api dari busi. Bila pantikan api itu kecil, kemungkinan masih bisa memicu proses pembakaran. Hanya, proses itu tidak akan berlangsung dengan sempurna.Karena kecilnya pantikan api itulah, maka pembakaran yang terjadi prematur. Akibatnya timbul suara ledakan dan mesin motor mati. Busi yang bermasalah bisa disebabkan oleh beberapa hal. Selain karena masa pakai yang sudah habis, juga karena banyak kerak. Kerak tersebut timbul karena aliran bahan bakar ke ruang yang berlebihan. Namun, agar Anda tak salah tafsir tentang kerak di busi sebaiknya mengenali jenis kotoran yang ada di peranti itu. Bila putih dan kering menunjukkan aliran bahan bakar dari karburator terlalu sedikit alias terlalu irit. Kondisi itu juga bisa memicu menurunnya tenaga mesin. Kedua, putih kecoklatan. Ini menunjukkan asupan bahan bakar ke ruang bakar mesin cukup ideal. Ketiga, hitam agak basah berarti aliran bahan bakar dari karburator berlebih, sehingga busi basah. Itulah yang menyebabkan suara ledakan.
Udara atau oksigen memiliki peran penting dalam proses pembakaran. Sehingga, bila asupan udara ke ruang bakar tak ideal sesuai takaran maka pembakaran tidak akan berlangsung sempurna. Gejala itu bisa dirasakan saat motor berakselerasi dan kemudian tugas gas dikembalikan ke posisi semula sehingga putaran mesin (rpm) rendah. Pada saat itulah akan timbul suara ledakan. Oleh karena memeriksa dan membersihkan peranti itu secara rutin sangat dianjurkan.
Permasalahan yang kerap terjadi adalah, pemilik sepeda motor lupa menutup choke, sesaat setelah menghidupkan mesin. Akibatnya, aliran bensin dari karburator ke ruang bakar melimpah. Padahal, untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna dibutuhkan campuran udara dan bahan bakar dalam takaran yang ideal. "Bila salah satu unsur itu berlebih, maka pembakaran tidak akan sempurna. Termasuk, seperti kejadian aliran yang bensin yang berlimpah. Akibatnya, ketika tuas gas ditarik, akan timbul suara ledakan 'darr' dari knalpot. Setelah itu mesin motor mbrebet atau tersendat dan mati. Oleh karena itu, sebaiknya mengontrol posisi choke. Segera tutup atau nonaktifkan bila setelah menggunakannya.
Proses pembakaran di ruang bakar mesin sejatinya menimbulkan suara ledakan keras. Maklum, pada saat itu udara dan bahan bakar yang dimampatkan di ruang bakar memiliki tekanan yang sangat tinggi. Sementara pada saat bersamaan, campuran itu dibakar dengan pantikan api dari busi. Namun, suara ledakan tersebut bisa diredam karena suara dan gas hasil sisa pembakaran di salurkan ke knalpot.Oleh karena itu, bila ada bagian knalpot yang bocor maka suara itu akan terdengar. Sehingga, pada saat tuas gas ditarik suara ledakan semakin kencang.
Saat ini sebagian motor menggunakan karburator jenis vakum atau velocity constanly. Pada karburator model itu aliran atau asupan bahan bakar ke ruang bakar mesin sangat mengandalkan kemampuan buka tutup klep yang terbuat dari karet. Komponen itu memang terbukti lebih lentur sehingga lebih efektif dalam menyemburkan bahan bakar. Hanya, kekurangannya, karet tersebut cepat aus. Pasalnya, jika karet terkena bahan bakar akan mengeras. walhasil, tidak lagi lentur dan proses pengiriman bahan bakar pun tidak sederas sebelumnya. Akibatnya, tarikan jadi motor mbrebet dan timbul suara ledakan bila tuas gas dikembalikan ke posisi semula.
Advertisement Semua komponen mesin yang berhubungan dengan gas dan fluida pasti akan dilengkapi dengan packing. Packing adalah komponen tipis yang lunak tapi kuat yang dipakai untuk merapatkan dua komponen yang memiliki material padat. Fungsi packing pada knalpot adalah untuk merapatkan hubungan antara leher knalpot dengan saluran exhaust dari kepala silinder mesin. Sehingga gas exhaust dari dalam mesin bisa disalurkan ke muffler dengan sempurna. Tetapi kalau packing ini bocor, maka yang terjadi gas sisa pembakaran bisa juga keluar dari leher knalpot. Dan tidak hanya gas sisa pembakaran, tetapi suara pembakaran yang seharusnya di redam didalam muffler juga keluar dari leher knalpot. Sehingga suara pembakaran tidak teredam dan hasilnya, berupa suara nembak yang berlangsung beberapa kali. Ini biasa terjadi ketika deselerasi atau ketika kita lepas gas dan melakukan engine brake. Alasannya ketika engine brake, dorongan piston menjadi lebih kuar karena mendapatkan dorongan balik dari roda. Sementara itu timming pengapian sudah dimundurkan seperti aslinya. Sehingga terjadi pembakaran yang tidak pada waktunya, atau dengan kata lain pembakaran ini belum selesai ketika piston sedang langkah exhaust.
Jangan khawatir sobat dengan masalah-masalah yang kalian alami tentang kenalpot anda meledak-meledak disini langsung saya berikan langkah mengatasi kenalpot yang meledak-meledak simak cara nya sebagai berikut :
Cara Menghilangkan Suara Knalpot Nembak
- Yang pertama anda lakukan cek adalah setelah pada pilot screw /angin angin /setelan karburator , saya sarankan untuk menyetel dengan setelan yang sesuai standard motor yaitu 2,5 -3 putaran penuh/ sesuaikan juga dengan kebutuhan mesin motor.
- Selanjutnya anda bisa melakukan checking busi motor anda.usahakan untuk melakukan check komponen motor yang satu ini ,bila keadaan busi sudah tidak layak pakai maka anda bisa segera melakukan penggantian yang terbaru , karena menurut anjuran pabrikan busi diganti setiap 6000 km. Selain itu jangan lupa untuk melakukan atur ulang gap busi menjadi 0,7mm tentunya harus menggunakan fuller gauge.
- Next , selanjutnya anda bisa lakukan checking pada filter udara motor, karena filter yang kotor bisa menghambat aliran udara yang menuju ke komponen yang disebut karburator,sehingga tentunya menjadikan campuran udara dan bahan bakar menjadi lebih kaya.Usahakan untuk melakukan pergantian filter udara setiap 15.000 km karena filter udarah mio dan mio soul menggunakan element basah sehingga tidak bisa di bersihkan melainkan di ganti menggunakan yang baru.
- Next, anda bisa check juga selang vacum bahan bakar yang menuju ke bagian tangki motor , pastikan selang ini ndak bocor ataupun sobek.
- Yang terakhir coba anda periksa juga AIS (air induction system) ,…? nah bagi orang baru hal ini mungkin masih asing bukan .. AIS adalah komponen yang menginjeksikan udara bersih ke lubang buang sehingga hasil pembakarannya menjadi lebih ramah lingkungan kurang lebih seperti itu penjelasanya hehe. Biasanya membran AIS ini yang suka ngaco, jadi solusi terbaik yang mudah dan murahnya ya anda tinggal tutup aja selang AISnya yang menuju ke lubang buang tersebut ,untuk penutupan tersebut bisa menggunakan apa saja. bisa menggunakan platisk, tutup pentil ban atau apapun yang penting intinya adalah ketutup alias buntu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar