Minggu, 11 November 2018

Inilah 5 Penyebab Mesin Satria Fu Kasar


Suara mesin satria kamu terasa agak brisik ditelinga sehingga menggagu perjalanan kita bahkan juga menggangu pengendara lain disekitar kita karena suara mesin kita yang kurang halus atau terasa kasar saat didekanya (malu gak gaes masak motor bagus-bagus gitu bunyi suarnya kok ngak ngenakin banget , bahkan saya pernh mengalami dikatain ''maz motornya kok kasar banget bunyinya'' otomatis saya jadi gimana gitu hehehehe........ lalu saya pergi ke bengkel untuk menanyakan penyebab-penyebabnya dan estimasi biaya bengkel untuk perbaikan jg. waktu itu biaya yanng saya keluarkan untuk perbaikan total semuanya 600rb dimana perbaikan itu meliputi pengantian shim klep 150rb,Rantai Timing 100rb,Tensioner 150rb,biaya jasa bongkar pasang 100rb dan servis+ganti oli 100rb.
 lantas apa yang menyebabkan mesin satria menjadi kasar simak saja ulasan sbg berikut ;




gambar mesin satria fu

Penyebab Mesin Satria Kasar 

1. Tensioner Adjuster (Tensioner penekan rantai keteng) Tensioner Adjuster standar Satri FU adalah tensioner yang cara kerjanya dibuat secara otomatis melalui mekanisme pegas. Jadi kalau rantai ketengnya sudah mulai agak kendor maka tensioner tersebut secara otomatis akan tetap menekan rantainya. Nahh jebule tensionernya mbah tu udah ajorr mumorr ora karuan rupane, apalagi sebelumnya mbah pakai tensioner manual Made in Dewe (buatan/akal-akalan sendiri). Terus apa cuma cukup ganti Tensioner Adjuster doang mbah? Yo mestine ora cak, lanjut bedah head mesin.
cek dulu masih bekerja atau jadi gak selalu tensioner adjusternya diganti pengecekan tensioner:
1.. Buka Cam Chain Adjuster Tensioner dari tempatnya. Gunakan kunci no 8. 
2.. Setelah dibuka, dengan menggunakan obeng ( - )masukkan ke dalam celah tegangan rantai cam dan putar searah jarum jam untuk mengendorkan tegangan, kemudian lepaskan obeng ( - ). 
3.. Untuk memastikan gerakan batang penekannya, bila batang penekannya macet/mekanisme pegasnya rusak ya harus diganti penyetel tegangan rantai keteng dengan yang baru. Jadi, ngak melulu tensioner adjusternya musti diganti, cek dulu masih bekerja atau tidak. Jika masih bekerja, tinggal menyetel ketegangan rantai cam yang sesuai. Kalo sudah tidak berfungsi barulah diganti. Untuk berbagai kasus, penggantian ini biasanya gratis, karena masih dalam masa garansi.

Dan jagan lupa langkah-langkah yang kudu duperhatikan pada saat akan memasang kembali alat tersebut. 
1. Sebelum memasang, pastikan pegas penegang sudah dikunci. Caranya dengan obeng (-) putar searah jarum jam. 
2. Putar Crankchaft pada arah yang normal untuk menghilangkan kekendoran rantai antara crank sproket dan exhaust sproket. 
3. Setelah memasang cam chain tension adjuster, putar obeng (-) berlawanan arah jarum jam. Pada saat cam chain tension adjuster berputar batang penegang akan terdorong oleh daya pegas dan menekan cam chain tension adjuster yang sekaligus menekan rantai cam.

2. Rantai Timing\Rantai kenteng Yang Molor
Rantai timing atau sering pula disebut dengan rantai keteng adalah suatu tali baja yang menghubungkan poros engkol dan poros nok. Fungsinya agar katup bisa membuka dan menutup dengan pas. Yang namanya rantai berbahan besi, pasti memiliki daya renggang apalagi jika terkena panas secara berkala. Hal itulah yang menyebabkan rantai berangsur mengalami pemuaian. Pemuaian ini tidak hanya membuat pembukaan katup sedikit terganggu namun juga membuat suaranya berisik. Lihat saja pada rantai roda motor anda, kalau molor pasti suaranya menjadi nggak karuan. Ini juga berlaku pada rantai keteng mesin. Tapi kan rantai keteng itu terletak didalam mesin, bentuknya kecil pula, mengapa bisa terdengar bunyinya ? Memang benar, rantai timming memang memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan rantai roda. Tapi putaran mesin itu bisa mencapai 5.000 RPM saat panas sehingga pantas saja suaranya bisa terdengar keluar. Masalah ini sebenarnya bosa diatasi dengan mengganti tensioner chain dengan tipe manual. Perbedaanya, pada tipe manual kita bisa menyetel tingkat ketegangan rantai, sementara pada tensioner standar sudah diset secara otomatis melalui mekanisme pegas. Namun penggantian tensioner tipe manual akan berakibat pada rantai juga jika penyetelan salah. Imbasnya rantai bisa putus. Cara lain yakni dengan menggati rantai mesin baru, cara ini lebih aman dari pada melakukan modifikasi tensioner manual. Penggantian rantai keteng bisa dibilang pekerjaan yang rumit karena akan berusuran dengan top mesin. Apa itu top mesin ? Posisi Top adalah posisi dimana piston berada pada sudut 0 derajat di langkah kompresi. Hal itu membuat keempat katup dalam posisi terbebas. Untuk langkah penggantian secara detail bisa simak pada artikel cara ganti rantai keteng satria.
Secara singkat, langkah penggatian rantai timming satria fu adalah sebagai berikut.

  1. Buka cover poros engkol dan cover timming gear bagian atas. 
  2. Posisikan pada TOP dengan mencocokan coakan pada gear engkol dan gear noken dengan coakan pada blok mesin. 
  3. Jika posisi piston sudah TOP, maka lanjut dengan melepas cover gear engkol untuk memudahkan melepas rangkaian roda gigi timing. 
  4. Selanjutnya, anda perlu melepas gear engkol dan tensioner rantai untuk melepaskan rantai dari rumahnya. 
  5. Untuk memasang, pastikan rantai sudah bertautan pada kedua roda gigi dengan sudut yang tepat, barulah memasang gear engkol dibagian bawah. 
  6. Lanjutkan untuk mengencangkan tensioner untuk meregangkan timming chain.
  7. Terakhir lakukan pemasangan seluruh cover engine yang dilepas.

3. Katup Mesin Mulai Aus/Renggang Suzuki Satria, sudah mengusung teknologi DOHC sehingga ada 4 buah katup didalam kepala silinder. Bunyi kasar juga bida dihasilkan oleh klep ini jika celah katup terlalu renggang. Standar celah ini adalah 0,20 mm untuk katup intake dan 0,30 mm untuk katup buang. Jika celah lebih besar dari standar maka hasilnya akan ada ketukan lebih keras dari rocker arm ke batang katup. Hal ini akan menimbulkan suara tik-tik saat mesin bekerja, dan suara ini bisa hilang seketika saat mesin panas. Ini bukan mengartikan masalah selesai, suara ini hilang karena katup memuai sehingga celahnya semakin mengecil. Saat mesin kembali dingin suara itu akan kembali hadir. Untuk melakukan standarisasi anda perlu melepas cover kepala silinder dan mengganti shim klep dengan ukuran yang lebih tebal. Cara ini akan kita bahas pada

4. Noken Ass (Camshaft) Mulai Kocak/Oblak
mesin FU 2010 kasar saat panas Perlu diketahui juga, poros nok pada mesin Satria beda dengan mesin motor lainnya. Poros nok satria, hanya menggunakan bantalan tempel yang berada pada celah antara kepala silinder dan cover nok, dan bukan menggunakan bantalan jenis bearing. Hal ini mengakibatkan pembesaran celah saat mesin bekerja secara terus menerus. Pembesaran celah ini disebabkan gesekan antara poros dan celah ini. Solusinya, beberapa pemilik melakukan modifikasi untuk memasang bantalan tambahan pada kepala silinder. Penambahan ini dilakukan dengan membubut bagian kepala silinder dan memasangkan sebuah bantalan yang sudah disesuaikan dengan diameter noken as.
Cara memperbaiki noken as satria fu yang sudah kocak

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah bongkar mesin motor dan lepaskan kepala silinder dari bagian mesin 
  • Setelah itu anda perlu mempersiapkan part untuk diganti, yaitu 4 buah bearingnya. Anda dapat menggunakan poly assy primere cvt mio atau bearing swing arm / capit urang secorpio. 
  • Langkah selanjtunya adalah membubut kop silinder satria fu, dapat juga anda bawa ke bengkel bubut dan bawa kepala silinder juga bearingnya. Jelaskan pada tukang bubutnya untuk memasang bearing kedalam noken as 
  • Langkah terakhir anda cukup memasang kembali mesin, dan periksa apakah suara berisik pada mesin motor satria masih berbunyi atau tidak. Namun jika anda ragu untuk melakukannya sendiri anda dapat membawa motor anda ke bengkel untuk menghilangkan mesin motor satria fu yang berbunyi.

5. Oli mesin berkurang Oli mesin berfungsi sebagai pelumas komponen mesin. Jika komponen mesin ini tidak terlumasi maka akan menimbulkan suara yang kasar dan menimbulkan keausan. Komponen seperti katup dan poros nok sering mengalami hal ini, karena posisinya yang berada diatas mesin. Secara normal, oli akan terdistribusi ke seluruh bagian termasuk bagian kepala silinder namun jika oli ini kurang maka pelumasan tidak akan bekerja 100%. Sehingga ada komponen yang tidak terlumasi. Jika hal itu terjadi maka bisa dibayangkan dua komponen berbahan logam bergesekan tanpa pelumas, hasilnya suara berisik timbul serta panas yang memicu terjadinya keausan komponen. Hal ini juga yang mengawali penyebab nomor 3 terkait poros nok. Untuk itu, cek stik oli untuk mengetahui berapa volume oli didalam mesin. Jika kurang maka tambahkan oli tersebut, namun jika kurang banyak lebih baik anda mengganti seluruh oli tersebut dengan oli baru. Karena sifat pelumas akan lebih bagus jika tidak tercampur dengan pelumas bekas.

Semoga Bermanfaat 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Cara Mengatasi Karburator Brebet di Rpm Tinggi ataupun Rpm Rendah

Kenali !!! 3 Tanda Untuk Melakukan Penyetelan Karburator dan 6 Cara Mengatasinya Masalah karburator brebet-brebet ini umum biasanya ser...