Sabtu, 29 Desember 2018

7 Tips penting Sebelun Anda Membali Motor Classic



akhir-akhir ini banyak kalangan muda yang belomba-lomba untuk memiliki tunggangan motor di era 90-an,seperti Cb100,C70 dan lainya, tren modifikasi motor classic memang sedang hype. Pasalnya, banyak jenis farian agar motor tua tampil agak elegan modifikasi yang bisa diaplikasikan buat si motor. banyak diantaranya seperti japstyle, caferacer, atau supercub. Motor yang dipilih pun bermacam-macam, ada Honda C70, Honda CB 100, atau juga Honda GL-100. Motor-motor tadi bisa diaplikasikan dengan berbagai jenis modifikasi sesuai dengan kocek yang kita punya. Tapi, sebelum kamu membelinya untuk di memodifikasi motor tua, ada aturannya, khususnya buat kamu yang baru mau membelinya. Nggak boleh asal pilih, guys. Salah pilih nantinya kamu bakalan kecewa motor kita malah jadi penyesalan yang tiada arti.disini saya mau bagi-bagi tips sebelum membeli motor tua, pastikan kita jagan telalu mudah untuk mempercayai calon penjual, kita harus langsung melihat kondisinya,kelengakpan surat-suratnya,pajak motor dan lainya kita simak beberapa ulsan tentang tips sebelum anda membeli motor di Era 90an atau lebih sering kita kenal motor classic


1. Mencari tau harga pasaran 
Sebelum kamu membeli motor classic yang kamu sukai, sebaiknya lakukan peninjauan harga pasaran motor itu sendiri entah itu dari temen kamu bengkel yang tahu tentang harga pasaran motor classic, 



2. Cek nomor rangka dan mesin motor 
Periksa nomor rangka dan mesin motor, lihatlah lalu sesuaikan nomor rangka serta nomor mesin yang ada pada STNK maupun BPKB. Apabila nomor rangka sesuai dengan yang anda lihat tentu motor tersebut asli, pastikan lebih jelas apakah nomor rangka & mesin motor adalah asli dan bukan ketokan kasar (biasa penjual atau penadah motor curian mengubah nomor rangka dan mesin dengan cara di ketok)

3. Bertanya kepada penjual tentang kekurangan motor tersebut
Tanyakan kepada penjual apakah mesin motor classik ini masih orisinil atau sudah dioplos dengan mesin lain( biasanya motor classic jaman sekarang kemungkinan besar komponen-komponennya tidak orisinil atau sudah dioplos dengan komponen motor lain) cek juga head silinder nya, masih standar prisginal atausudah dioplos dengan head silinder motor lain, jika head silindernya sudah di ganti, kembali pehatikan suara motor tersebut, jika suaranya masih bersih. maka kondisi mesin ok. 

4. Periksa keadaan suara mesin
pengecekan mesin sangatlah penting guna untuk mengetahui kondisi suara suara pada mesin apakah ada suara gemericik dari komponen dalam motor,mungkin dari klep, jika asal suara tersebut dari klep, maka motor tersebut sudah tidak nyaman di pakai, karna berdasarkan pengalaman, kalau kerusakan timbul dari sampai klep, butuh banyak biaya untuk  memulihkan kembali motor tersebut. 

5. Pada kasus kerusakan motor cb 100 kebanyakan berasal dari gigi persnelingnya, cek apakah pada saat mengoper gigi percepatan tidak keras. jika keras, bahkan susah di oper gigi. maka kerusakan itu juga butuh biaya yg cukup besar 

6. Cek karburator dan tangki apakah ada rembesan bensin atau tidak, kebanyakan motor tua banyak terjadi korosi (karat) pada tangki bensin 

7. Cek sistem kelistrikan dari mtor tua trsebut dari mulai lampu depan, sein ,klakson. kalau memungkin kan cek voltage pada aki motor jika kurang dari 10,25 volt maka aki tersebut harus dilakukan full charge, juga lihat tingkat air aki, apabila kurang, mka harus dtambah. lkukan visual check pda aki tersebut h. check no mesin dan no rangka pda bpkb atau stnk motor tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Cara Mengatasi Karburator Brebet di Rpm Tinggi ataupun Rpm Rendah

Kenali !!! 3 Tanda Untuk Melakukan Penyetelan Karburator dan 6 Cara Mengatasinya Masalah karburator brebet-brebet ini umum biasanya ser...